Berita

Pakar Penanganan PMK Ingatkan Peternak Pentingnya Vaksinasi untuk Hewan

BIMATA.ID, Jakarta – Koordinator Tim Pakar Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Prof Wiku Adisasmito mengingatkan kepada peternak untuk pentingnya melakukan vaksinasi bagi hewan ternak rentan PMK.

“Ini perlu dijadikan perhatian bagi peternak di Indonesia, agar dapat melindungi ternak sebagai aset berharga yang dimilikinya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab,” katanya, (21/09/2022).

Pihaknya menuturkan, secara ilmiah terbukti bahwa hewan yang telah divaksinasi akan memiliki kekebalan penyakit yang lebih baik.

“Hewan yang telah divaksin jika terkena virus PMK akan memiliki gejala klinik yang lebih ringan daripada yang tidak divaksin sama sekali,“ ucapnya.

Dikatakan Wiku, sejak wabah PMK muncul kembali di Indonesia pemerintah mencetuskan program vaksinasi hewan rentan PMK sebagai upaya proteksi atau perlindungan, hingga saat ini program vaksinasi masih dioptimalkan pada sapi dan kerbau kecuali pada Bali dengan target vaksinasi adalah seluruh hewan rentan PMK.

“Target ke depan tentunya vaksinasi pada seluruh hewan ternak rentan PMK paling tidak dapat mencapai herd immunity sebesar 80% dari populasi sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Hewan Dunia (WOA),” pungkasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close