BeritaOtomotif

Pakai Komponen Sederhana, Mahasiswa Poltek Caltex Riau Ciptakan Motor Listrik Japstyle

BIMATA.ID, Jakarta- Diberi nama Insectra, satu unit sepeda motor listrik bergaya Japanese Style atau Japstyle lahir sebagai buah kreasi tiga mahasiswa Politeknik Caltex Riau.

Dikutip dari kantor berita Antara, dalam kondisi baterai penuh Insectra bisa menempuh jarak maksimal 60 km. Dan ketiga sosok pembuatnya adalah Muhammad Faishal Abdullah, Fredi Yanuar S dan Muhammad Akbar. Mereka bertiga adalah mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Politeknik Caltex Riau.

“Latar belakang dari pembuatan motor listrik ini adalah pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan sebagai sarana transportasi serta salah satu syarat lulus dari Politeknik Caltex Riau,” kata Muhammad Faishal Abdullah di Pekanbaru, Senin (26/9/2022).

Salah satu hal paling seru dari sosok Insectra, pembuatan motor listrik ini sederhana, dan komponen-komponen yang digunakan bisa diselaraskan sesuai kebutuhan.

“Komponen utama penggerak sepeda motor listrik ini adalah motor DC tipe brushless atau sering disebut BLDC yang menyatu menjadi penghubung roda dengan rangka motor (arm). Sehingga rancangannya menghasilkan motorhub BLDC. Penggerak akan menyuplai daya dari baterai,” jelas Muhammad Faishal Abdullah.

Adapun pembuatan kurang lebih dua bulan. Motor listrik ini sasis dan bodinya dicustom sedemikian rupa hingga kental nuansa modifikasi Japstyle.

“Selama kurang lebih dua bulan itu kami melakukan riset terkait dudukan baterai, kontroller, komponen serta rangkaian kelistrikan. Untuk biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 23 juta sampai motor ini dapat berjalan sempurna,” tandasnya.

Sementara itu, anggota tim lainnya, Ferdi Yanuar S menyatakan motor listrik karya mereka memiliki empat fitur riding mode. Fungsinya untuk memilih mode berkendara yang akan mempengaruhi kecepatan pada motor listrik Insectra.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close