BeritaHeadlinePolitikRegional

Gilbert Desak Kemendagri Sertakan Nama Perempuan Sebagai Calon Pj Gubernur DKI

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) untuk menyertakan nama perempuan sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Gilbert, tiga nama yang diajukan DPRD Provinsi DKI Jakarta adalah laki-laki. Serta, sosok yang ramai beredar di publik sebagai pengganti Anies Baswedan pun merupakan pria.

“Melihat semua calon yang berasal dari DPRD adalah laki-laki, maka ada baiknya Mendagri (Tito Karnavian) mengajukan perempuan ada dalam nama calon dari pihak Kemendagri,” tuturnya, Senin (19/09/2022).

Legislator daerah pemilihan (Dapil) 4 Provinsi DKI Jakarta ini menyampaikan, nama perempuan yang masuk sebagai calon Pj Gubernur Provinsi DKI Jakarta harus mengerti tentang pemerintahan dan dinamika di Ibu Kota.

“Mereka yang sudah pernah bekerja di Jakarta akan lebih mudah bekerja dan tidak butuh waktu adaptasi,” pungkas Gilbert.

Gilbert pun menyebut, dua perempuan yang bisa disertakan Kemendagri RI dalam nama calon Pj Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Yang pertama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI), Suharti, yang juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman Provinsi DKI Jakarta. Kedua, Inspektur Jenderal Kemendikbudristek RI, Chatarina Girsang.

Gilbert menilai, Chatarina punya rekam jejak baik. Terlebih, pernah menjabat sebagai Direktur di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

“DKI sebagai barometer untuk daerah lain sebaiknya memberikan contoh soal ini. Pilihan akhir tentu di tangan presiden, tetapi mendidik masyarakat agar semakin dewasa berdemokrasi perlu diupayakan,” ucap Anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta ini.

Adapun, masa jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria akan berakhir pada 16 Oktober 2022.

Saat ini, ada tiga nama calon Pj Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang akan menggantikan Anies usulan DPRD. Yaitu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) RI, Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri RI, Bahtiar.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close