Berita

Dinkes Surabaya Temukan Ribuan Balita Terserang Pneumonia

BIMATA.ID, Surabaya – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Jawa Timur, Nanik Sukristina mengatakan, adanya penemuan kasus pneumonia pada balita periode Januari-Agustus 2022 ada 8.080 kasus, dengan usia dominan antara 1 – 5 tahun.

“Pada 2021 kasus Pneumonia pada balita sebesar 8.760, sedangkan total kasus pada semua usia di tahun 2021 sebesar 17.693,” katanya, Selasa (20/09/2022).

Pihaknya menyebut penyebab anak – anak dengan usia 1 – 5 tahun yang terpapar Pneumonia cenderung kerap berinteraksi dengan banyak orang, dan mengunjungi berbagai tempat.

“Resiko terpapar virus/kuman penyebab infeksi saluran pernafasan menjadi lebih besar dibanding usia bayi 0-1 tahun. Penyakit Pneumonia ini merupakan infeksi atau peradangan di salah satu atau kedua paru-paru, yang bisa berisi cairan,” ucapnya.

Dia mengupayakan untuk menekan angka kasus Pneumonia, pada balita melaksanakan kasus sesuai kondisi klinis dan menganalisa faktor lain yang berpengaruh seperti riwayat imunisasi.

“Memperhatikan status gizi dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat untuk kemudian juga diberikan intervensi jika ada yang belum optimal,” jelasnya.

Dinkes Surabaya juga menghimbau, masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah terjangkit Pneumonia.

“Mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, minum vitamin, menggunakan masker di tempat-tempat umum dan berisiko, imunisasi lengkap pada balita, dan menghindari paparan debu, asap rokok dan polusi,” tungkasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close