Berita

BPBD Cianjur Mendata Ratusan Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung

BIMATA.ID, Cianjur – Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rudi Wibowo menyebutkan ratusan unit rumah di Desa Cimenteng Kecamatan Campaka, rusak akibat terjangan angin puting beliung pada Rabu petang, 7 September 2022.

“Pusaran angin datang setelah hujan deras  turun lebih dari dua jam, terlihat menerjang wilayah Gegerbitung-Sukabumi. Hitungan menit pusaran angin mengarah ke Kampung Nyangkewok Kecamatan Cibeber dan meluas ke Kampung Cimenteng yang banyak terdampak,” katanya, (08/09/2022).

Pihaknya menyatakan, Data sementara ada 118 rumah rusak mulai dari berat, sedang dan ringan. Sebagian besar rusak di bagian atap yang terbawa angin, sedangkan empat rumah semi permanen nyaris rata dengan tanah.

“Pendataan terhadap pengungsi masih berjalan, namun dipastikan empat kepala keluarga terdiri atas 15 jiwa mengungsi ke rumah kerabatnya karena rumah mereka ambruk nyaris rata dengan tanah, sedangkan puluhan kepala keluarga lainnya yang rumahnya rusak ringan sudah melakukan perbaikan seadanya,” ucapnya.

Sementara Koordinator Lapangan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, Iksan Maulana, mengatakan dari 118 rumah yang rusak empat di antaranya tidak dapat dihuni, 12 rumah mengalami rusak berat di bagian atap, sedangkan sisanya mengalami rusak ringan dan sedang.

“Kami akan menempatkan puluhan relawan untuk membantu warga memperbaiki rumah yang rusak sebagian besar rusak di bagian atap. Untuk bantuan yang dibutuhkan bahan material seperti atap dan kayu reng,” katanya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close