Berita

PVMBG Menyatakan Status Gunung Anak Krakatau Siaga Tiga

BIMATA.ID, Banten – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Pasauran Gunung Anak Krakatau, Deni Mardiono mengatakan, pada Senin pukul 00.00 sampai 06.00 WIB di Serang, Banten ,Status Gunung Anak Krakatau (GAK) di Perairan Selat Sunda antara Provinsi Banten dan Lampung masih dalam Level III atau Siaga.

“Masyarakat, wisatawan, pendaki, dan nelayan tidak boleh mendekati kawah aktif gunung,” katanya, Senin (29/08/2022).

Pihaknya nya juga menyatakan, dengan demikian, kini status Anak Krakatau Siaga Level III sehingga nelayan, wisatawan, masyarakat, pendaki gunung, dan pelaku pelayaran tidak boleh mendekati kawah gunung tersebut.

“PVMBG hanya merekomendasikan daerah aman di radius lima kilometer dari kawah Gunung Anak Krakatau, Larangan itu, karena cukup berbahaya jika mendekati kawasan kawah Anak Krakatau yang masih aktif itu dan bisa menimbulkan kecelakaan,”jelasnya.

Sementara berdasarkan pantauan di daerah tersebut kegiatan masyarakat pesisir pantai barat Provinsi Banten mulai kawasan Anyer – Carita dan Labuan, Pandeglang relatif normal seperti biasanya, Masyarakat pesisir pantai itu tidak berdampak terhadap aktivitas Gunung Anak Krakatau berstatus Siaga Level III.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close