BeritaNasionalPeristiwaSains & TekUmum

Kominfo Matikan 24.000 Aplikasi Milik Pemerintah

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Komunikasi dan Informatika (MenKominfo) Johnny G. Plate menyatakan, pemerintah sedang menyiapkan aplikasi super (super app) untuk menggantikan ribuan aplikasi yang saat ini dioperasikan pemerintah.

Ia menilai bahwa aplikasi pemerintah yang digunakan saat ini terlalu banyak dan tidak efisien. Saat ini, ada sekitar 24.000 aplikasi yang bekerja sendiri-sendiri sehingga ia merasa perlu untuk menata ulang aplikasi-aplikasi tersebut.

“Bahkan di setiap kementerian dan lembaga pemerintah daerah memiliki aplikasi yang berbeda-beda di setiap subunitnya, sangat tidak efisien,” kata Johnny saat berbicara dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2022.

Platform ini nantinya akan menjadi layanan publik terpadu untuk menghasilkan satu data, bagian dari implementasi kebijakan berbasis data. Menurut Johnny, paling tidak hanya butuh 8 aplikasi yang terintegrasi untuk memudahkan komunikasi.

“Ini sedang kita siapkan dalam roadmap Kominfo,” tuturnya.

Nantinya untuk 24.000 aplikasi ini, Kominfo melakukan shut down atau menutupnya kemudian secara bertahap akan dipindahkan ke dalam super app pemerintah.

Ia meyakini penggunaan super app efisiensinya akan lebih tinggi dari intervensi fiskal yang Menteri Keuangan Sri Mulyani keluarkan saat ini.

“Puluhan triliun hematnya, kalau itu bisa dilakukan luar biasa untuk kita,” pungkas Johnny.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close