BeritaPolitik

Perempuan Pesantren NU se-Jatim Dukung Cak Imin Maju di Pilpres 2024

BIMATA.ID, Jatim – Perempuan Pesantren Nahdlatul Ulama (NU) se-Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang tergabung dalam Forum Pengasuh Pesantren Putri (Fasantri), mendukung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), A Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai bakal calon presiden (Bacapres) 2024.

Fasantri siap mengawal pria yang akrab disapa Cak Imin itu untuk maju menuju pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Kami Perempuan Pesantren NU se-Jawa Timur mendukung Gus Muhaimin Iskandar maju sebagai calon presiden Republik Indonesia tahun 2024,” kata Ketua Fasantri Provinsi Jatim, Nur Hannah, Jumat (27/05/2022).

Dalam deklarasi tersebut, hadir pula Noer Channah, Zulfa Badri Kraksaan, Maslacahatul Ammah Jombang, Lukluatul Widad Ahmad Gading Malang, dan Thoyyibah Bangkalan.

Hannah menilai, deklarasi terhadap Cak Imin lantaran Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) itu dianggap sebagai sosok yang peduli kepada santri dan pondok pesantren.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Baqoroh Lirboyo Kediri ini menyinggung Cak Imin yang juga dinobatkan sebagai Panglima Santri Nasional, yang mewakili jamiyah NU.

Sementara, Ketua Umum DPP Fasantri, Hindun Anisah meyakini, Cak Imin merupakan sosok pemuda yang cerdas dari kalangan nasionalis-religius. Tidak hanya itu, keponakan Abdurrahman Wahid tersebut juga dianggap kaya pengalaman dan dekat dengan rakyat kecil.

Hindun menyampaikan, deklarasi yang dilakukan Fasantri merupakan titipan aspirasi dari umat. Salah satunya untuk memperbaiki keadaan masyarakat di sektor ekonomi.

“Seluruh keluarga besar pesantren selalu berkomitmen dan berkontribusi nyata pada pembangunan di Indonesia di berbagai bidang, dari pendidikan, sosial, ekonomi,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan, dunia pesantren berharap hadir pemimpin yang berlatar belakang santri. Cak Imin juga dinilai dari kalangan santri.

“Dunia pesantren berharap hadir pemimpin dari kalangan santri yang menjadi pengayom seluruh umat, dan siap bekerja membangun bangsa untuk bangkit dan membawa rakyat sejahtera,” tutup Hindun.

Perlu diketahui, Cak Imin merupakan salah satu nama yang digadang-gadang maju sebagai Bacapres 2024. Sejumlah lembaga survei juga menempatkannya masuk dalam bursa Bacapres.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close