FoodBeritaEkonomiKomunitasNasionalPertanianUmum

Pemerintah Pastikan Stok Daging Sapi Aman Hingga Lebaran

BIMATA.ID, Jakarta- Naiknya harga daging sapi belakangan ini membuat para pedagang melakukan aksi mogok berjualan. Akibatnya, ketersedian pasokan daging sapi untuk masyarakat pun terganggu.

Namun, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nasrullah mengatakan, secara keseluruhan ketersediaan daging dan sapi untuk bulan Maret, April hingga Mei menurutnya sudah aman..

“Baik dari sapi bakalan, sapi pedaging yang siap potong maupun daging beku,” ujarnya, Jumat (04/03/2022).

Menurutnya, pihak Kementan sudah siap untuk memfasilitasi para asosiasi pedagang dan pemotong agar distribusi daging sapi kembali lancar setelah aksi mogok tersebut.

“Data-data dari sumber-sumber produksi sudah kami siapkan, kami siap membantu menghubungkan antara pemotong, pedagang, BUMN, dan BUMD dengan sumber sapi/kerbau lokal by name by address untuk melakukan pembelian sapi/kerbau lokal,” jelasnya.

Selain itu, dirinya menilai, jika ada permasalahan untuk pembayaran secara cash, pemerintah saat ini telah menyiapkan bantuan fasilitasi permodalan berupa Skim Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pembelian sapi/kerbau lokal yang siap potong di peternak/kelompok ternak.

Dalam hal ini Nasrullah menilai, jika ketersediaan sapi siap potong dan daging di tingkat supplier utama atau distributor utama harga masih dalam kendali.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close