UmumBeritaNasionalOtomotifRegionalTravel

Pemerintah Akan Bangun 13 Koridor Busway di IKN Nusantara

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah berencana akan mengembangkan konsep kawasan pembangunan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD) melalui pembangunan 13 koridor busway atau Bus Rapid Transit (BRT) di ibu kota baru (IKN) Nusantara.

Rencana pembangunan tersebut termaktub dalam Pasal 50, Peraturan Presiden Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042.

Tujuan ditetapkannya koridor BRT adalah untuk mengembangkan potensi dan perannya bagi keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas, serta mendukung kebutuhan angkutan massal pendukung koridor angkutan umum massal primer dalam skala KIKN (Kawasan Ibu Kota Nusantara).

Koridor tersebut akan menghubungkan masyarakat di Sub-Pusat Pelayanan Kota (SPPK), Pusat Pelayanan Lingkungan (PPL), Pusat Pelayanan Kota (PPK), hingga ke Sumbu Kebangsaan.

Selain itu, Pemerintah juga akan menyediakan sarana dan prasarana transportasi publik untuk memenuhi 80 persen perjalanan yang menggunakan transportasi publik di IKN Nusantara.

Sarana dan prasarana tersebut, terdiri dari jalan tol dari KIPP menuju bandara udara dengan waktu tempuh kurang dari 50 menit, jalur kereta api regional yang menghubungkan inti KSN ibu kota dengan jalur kereta api trans Kalimantan dan bandara internasional.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close