BeritaBola

Pep Guardiola Bicara Runtuhnya Dominasi Man United: Bisa Bayangkan 8 Tahun Tanpa Gelar Liga!

BIMATA.ID, Jakarta- Manajer Manchester City, Pep Guardiola coba belajar dari pengalaman pahit tim-tim lain guna melecut skuadnya untuk menjadi yang terbaik di dunia.

Salah satu cerita kegagalan yang disampaikan Pep Guardiola kepada para pemainnya adalah keruntuhan dominasi Manchester United di sepak bola Inggris.

Manchester City, bisa dibilang bukanlah klub tandingan bagi Manchester United dalam tiga dekade terakhir. Namun, pasca pensiunnya Sir Alex Ferguson, tim berjuluk Setan Merah mulai menemui kehancuran.

Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013 ketika membawa Iblis Merah meraih gelar juara Liga Inggris ke-20, menjadikan tim tersebut sebagai yang tersukses di kasta teratas sepak bola Inggris.

Namun selepas kepergiannya, Manchester United limbung. Filosifi dan arah tim tak menentu hingga berujung pada kemerosotan prestasi.

Sejauh ini, Setan Merah telah puasa gelar liga dalam tujuh musim, dan melihat kondisi musim ini, Manchester United hampir dipastikan bakal kembali gagal merengkuh gelar tersebut.

Kisah keruntuhan sang rival sangat diperhatikan Pep Guardiola. Dia mewanti-wanti bahwa Man City juga bisa mengalami nasib buruk tersebut andai lengah dan kehilangan fokus.

“Dulu United menguasai liga ini tidak seperti tim lain: dapatkah Anda bayangkan pada saat itu mereka akan menjalani delapan musim tanpa memenangkan Liga Inggris?” kata Pep Guardiola dikutip dari Manchester Evening News, Senin (14/2/2022).

“Bisakah seseorang di negara ini memikirkannya? Tapi itu pada akhrinya terjadi.”

“Dan jika itu terjadi pada United, itu bisa saja terjadi pada kami besok. Tidak musim depan, besok.”

Menurut Pep Guardiola keruntuhan kejayaan suatu klub sangat mungkin terjadi karena sepak bola dianggap sebagai olahraga yang sulit diprediksi.

Seorang pelatih dan manajemen tim disebut Pep hanya bisa berusaha dengan melihat kekurangan diri sendiri. Itu yang dia sampaikan kepada para pemain.

“Karena sepak bola sangat sulit dan tidak dapat diprediksi karena manusia tidak sempurna. Kami tidak sempurna jadi itu terjadi,” jelas Pep.

“Saya mengatakan berkali-kali kepada para pemain bahwa kami bermain melawan diri kami sendiri. Dengan segala hormat kepada lawan kami, kami bermain melawan diri sendiri,” tambahnya.

Saat Manchester United puasa gelar Liga Inggris, Manchester City bersama Pep Guardiola telah merengkuh lima trofi tersebut dan tengah menuju yang keenam pada Mei mendatang.

Manchester City untuk sementara menguasai puncak klasemen Liga Inggris dengan koleksi 63 poin dari 25 pertandingan, unggul sembilan poin dari Liverpool selaku rival terdekat.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close