BeritaInternasionalPeristiwaUmum

Pemerintah Bentuk Tim Evakuasi dan Penyelamatan WNI di Ukraina

BIMATA.ID, Jakarta- Direktur perlindungan warga negara Indonesia (WNI) Kemlu, Judha Nugraha mengatakan Pemerintah membentuk tim evakuasi WNI serta menyiapkan pesawat, sebagai upaya antisipasi jika para WNI sudah bisa direlokasi dari Ukraina

“Saat ini kami telah membentuk tim evakuasi yang terdiri dari unsur-unsur kementerian dalam negeri dan juga dari TNI serta menyiapkan pesawat evakuasi,” kata Judha Nugraha, Sabtu (26/02/2022).

Diketahui, Ukraina menutup wilayah udaranya dan operator didesak untuk tak mendekat ke wilayah itu. Evakuasi WNI mulanya akan dilakukan melalui jalur darat, dengan membawa WNI ke wilayah Rumania dan Polandia ketika situasi memungkinkan.

Dia mengatakan data terbaru, total WNI yang berada di Ukraina sebanyak 153 orang yang tersebar di Kiev (82 orang), Odessa (25 orang), Chernihiv (9 orang), Kharkiv (4 orang), Lviv (3 orang).

Tim dari Kedutaan Besar RI yang ada di Bucharest Romania tengah berupaya melakukan penjemputan kepada 25 WNI yang saat ini yang berkumpul di Odessa.

Judha mengatakan kota Kiev merupakan konsentrasi WNI terbanyak yang ada di Ukraina, dimana 82 WNI saat ini masih ada di KBRI Kiev. Pemerintah melakukan kontrol meeting dan memberikan pengarahan soal langkah-langkah yang akan diambil untuk memberikan perlindungan WNI.

Meskipun dirinya tidak menjelaskan secara gamblang langkah-langkah tersebut kepada media, namun pemerintah memastikan keamanan di titik-titik rumah aman yang sudah ditentukan.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close