Regional

Legislator Gerindra Jabar, Dorong Desa di Kuningan Kembangkan Sektor Pariwisata

BIMATA.ID, KUNINGAN — Desa di Kabupaten Kuningan memiliki potensi alam yang sangat luar biasa untuk dijadikan pariwisata dalam peningkatan ekonomi di masyarakat.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota DPRD Jawa Barat, Tina Wiryawati yang juga inisiator objek wisata Sawah Lope Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan.

 

“Hari ini saya kembali mendatangkan jajaran akademisi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Pariwisata (Stiepari) Semarang untuk memberikan bimbingan bagi lima Desa yang ingin mengembangkan di sektor kepariwisataan dan UMKM,” ujar Tina dari Dapil Jabar XIII

(Kabupaten Kuningan, Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar), Sabtu (19/2/2022).

 

Dari lima Desa tersebut, Tina menerangkan mulai dari Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya, dengan konsep wisata UMKM yang nantinya akan diberikan bimbingan dari Stiepari tentang bagaimana pengembangan wisata disana.

 

“Kita awalnya menginisiasi terbentuknya Obyek Wisata Sawah Lope di Desa Cikaso bersama Stiepari Semarang. Alhamdulillah, sekarang Sawah Lope sudah banyak dikenal. Nah, sekarang kita juga akan merintis kembali beberapa desa yang ingin mengembangkan sektor kepariwisataan,” terang Tina.

 

Desa Bojong, Tina menjelaskan, saat ini sedang menggeliat ingin jadi Desa Wisata dengan tema UMKM. Makanya, pihaknya tertarik kembali menularkan ilmu kepariwisataan dari Stiepari Semarang ini untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

 

“Selain itu, kita juga sudah menginventarisasi ada desa lain yang ingin mengembangkan sektor kepariwisataan. Seperti Desa Singkup, Kecamatan Japara dengan Bumi Perkemahan (Buper) dan Sejarah, Desa Kertayasa dengan tema pengelolaan sampah dan wisata edukasi pertanian,” jelasnya.

 

Kemudian, lanjut Tina, desa lainnya adalah Desa Cijagamulya, Kecamatan Ciawigebang yang akan mengembangkan wisata persawahan dengan tema Bunga Matahari. Dan terakhir adalah Desa Sagarahiang, Kecamatan Darma, yang sudah terkenal dengan situs Purbakala Sanghyang.

 

“Kita akan berusaha mewujudkan cita-cita beberapa desa ini untuk membuat sektor kepariwisataan agar bisa menambah pendapatan untuk masyarakat,” ujarnya.

 

Terpisah, Kepala Desa Singkup, Mas’ud, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Anggota DPRD Provinsi Jabar yang mendatangkan langsung Stiepari ke Desa Singkup.

 

“Kami berharap, bisa membuat obyek wisata bertema bumi perkemahan dan sejarah. Mudah-mudahan tahun 2023 bisa terwujud. Saat ini kita sedang membuat sarana-sarana penunjang bumi perkemahan di desa kami,” ujarnya

 

Pihaknya merasa terbantu sekali saat ada Anggota DPRD Jawa Barat yang telah mau memberikan bimbingan terkait cita-citanya untuk mewujudkan objek wisata di desanya.

 

“Apalagi dengan telah mendatangkan ahlinya dari STIEPARI Semarang, kita sangat merasa terbantu sekali,” pungkasnya.

 

OMJH/MAN

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close