InternasionalBeritaKesehatanNasional

Pemerintah Terima Sejuta Vaksin Pfizer Dari Italia di Awal Tahun 2022

BIMATA.ID, Jakarta- Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong mengungkapkan, Indonesia menerima hampir sejuta dosis vaksin jenis Pfizer yang merupakan donasi dari Pemerintah Italia di awal tahun 2022

“Kedatangan pertama vaksin COVID-19 di Indonesia pada 2022 kita terima hari ini, 1 Januari 2022. Vaksin yang tiba adalah 999.180 dosis vaksin Pfizer, sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Italia,” ungkapnya, Sabtu (1/1/2022).

Usman menjelaskan, vaksin tersebut didapatkan melalui skema kerja sama COVAX. Dengan kedatangan kali ini, maka jumlah vaksin yang telah diterima Indonesia sekitar 470 juta dosis, baik dalam bentuk vaksin jadi maupun bahan baku.

Dia mengatakan, kedatangan vaksin yang berkelanjutan tanpa mengenal pergantian tahun, adalah wujud komitmen pemerintah dalam hal ketersediaan vaksin di Tanah Air. Dirinya mengharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi, baik bagi diri sendiri maupun orang-orang terdekatnya.

“Vaksinasi dan protokol kesehatan adalah upaya perlindungan kesehatan yang saat ini tidak boleh ditinggalkan, termasuk guna mengantisipasi varian Omicron yang kasusnya terus bertambah,” katanya.

Menurut laporan, per akhir Desember 2021, total kasus konfirmasi Omicron di Indonesia sebanyak 136 orang.

“Kementerian Kesehatan telah menyampaikan, bahwa varian ini memiliki tingkat penularan yang tinggi, tapi dengan risiko sakit berat yang rendah. Meski demikian, kita harus tetap waspada karena situasi terkait COVID-19 masih sangat dinamis dan cepat berubah dan segera lakukan vaksinasi,” kata Usman.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close