Berita

Mendagri Instruksikan Seluruh Pemda Siapkan Skenario dalam Permudah Distribusi Vaksinasi Booster

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Tito Karnavian menginstruksikan,kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk segera siapkan skenario pemberian vaksinasi covid-19 suntik ketiga atau booster untuk mempermudah distribusi vaksin.

“Untuk vaksinasi booster ini akan mulai dilaksanakan, tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi secara nasional pada tanggal 12 Januari 2022,” katanya, Kamis (06/01/2022).

Pihak Kemendagri mengatakan,pendistribusi vaksin booster ini memang diatur Kementerian Kesehatan, namun daerah perlu membuat skenario perhitungan dan rekapitulasi untuk jumlah Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Hal ini diperlukan agar pendistribusian sesuai kriteria dengan jumlah dan pas.

“Hal tersebut dilakukan karena vaksinasi covid-19 penguat memiliki dua skema, berbayar dan gratis bagi PBI BPJS Kesehatan, Jumlah kebutuhan vaksin harus diperhitungkan dengan baik karena ini berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi sebelumnya,” ucapnya.

Mantan Jenderal Polisi Itu juga, menyampaikan penyaluran vaksin akan dikoordinasikan dari pemerintah pusat kepada daerah. Secara teknis akan dilakukan melalui koordinasi antara Dinas Kesehatan Provinsi dengan Kementerian Kesehatan.

“Tata cara penyaluran vaksin dan jumlahnya yang menentukan Kementerian Kesehatan, nanti akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Vaksinasi booster ini diharapkan dapat memberikan perlindungan masyarakat dari paparan covid-19 Omicron,” tungkasnya.(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close