BeritaEdukasiPendidikanUmum

Kemenpora Beri Pelatihan ke Sekolah Pemerintahan dan Kebijakan Publik Golkar Institute

BIMATA.ID, Jakarta- Dalam mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang berhalangan hadir, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Ni’am Sholeh memberikan pelatihan kepada peserta Sekolah Pemerintahan dan Kebijakan Publik Golkar Institute di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (25/01/2022).

Dalam sambutannya, Asrorun Ni’am menyampaikan salam hangat dari Menpora Amali kepada peserta karena tidak bisa hadir dalam acara tersebut. Sebab disaat yang bersamaan harus menghadiri acara rapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Pertama kali saya sampaikan salam hormat dari Menteri Pemuda dan Olahraga, bapak Dr. Zainudin Amali yang sedianya bergabung bersama rekan-rekan semuanya. Tapi pada saat bersamaan ada rapat bersama DPR,” jelasnya.

Kemudian selanjutnya, Niam menyebutkan bahwa kegiatan yang bertajuk “Executive Education Program for Young Political Leaders, Batch-5” ini sangat penting untuk mengakselerasi peranan pemuda di bidang sosial dan poltik.

Menurut survei terkahir yang dilakukan CSIS dan Alvara Institute menyatakan bahwa keberperanan dan partisipasi pemuda di bidang sosial politik itu belum sampai 4 persen.

“Sepertinya jumlahnya sangat rendah dibanding dengan populasi kita yang secara demografi berada di dalam bonus demografi, dimana usia produktif itu mendominasi. Dari usia produktif itu kita ambil sekuel usia yang dirumuskan DPR 16-30 tahun dari total populasi kita 265 juta jiwa itu ada 23, 4 persen setara 64 juta jiwa,” ungkapnya.

Kemudian dirinya menjelaskan bahwa anak muda memiliki peran di dalam perubahan sosial menuju yang lebih baik, dimanapun dan kapanpun.

“Sejarah perubahan masyarakat gak ada yang tanpa keterlibatan anak muda baik di Indonesia maupun di dalama perubahan masyarakat di dunia,” katanya.

Selain itu, Sekretaris Golkar Institute, Ferdiansyah dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung selama satu minggu yang diikuti oleh peserta dibawah 40 tahun.

“Peserta dari berbagai kabupaten dan provinsi di Indonesia. Ini angkatan kelima pertama, kedua, ketiga hingga keempat sudah berlangsung dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, kunjungan lapangan mengunjungi langsung Instansi pemerintah dalam hal ini Kemenpora, untuk memberikan wawasan dan informasi kepada peserta sekolah pemerintah dan kebijakan publik Golkar Institute supaya mereka bisa menjawab tantangan kedepan.

“Kami menghaturkan terimakasih atas nama Golkar Institute bahwa kami diterima, kami berharap dari pejabat Kemenpora bisa memberikan yang terbaik untuk peserta Golkar Institute,” harapnya.

 

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close