EkonomiRegional

Arus Barang dari Pulau Jawa ke Makassar Meningkat Jelang Nataru

BIMATA.ID, Makassar – Arus barang dari Pulau Jawa ke Kota Makassar tercatat mengalami peningkatan jelang Natal dan Tahun Baru. Barang ini melalui rute Pelabuhan Merak, Surabaya ke Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

Branch Manager PT Dharma Lautan Utama Budiono mengatakan, untuk arus barang dari Surabaya atau daerah di Jawa menuju Makassar mengalami peningkatan antara 10 – 15 persen dibandingkan kondisi normal.

“Umumnya barang kebutuhan konsumsi atau bahan kebutuhan rumah tangga, hingga garmen yang diangkut baik menggunakan kontainer maupun diangkut langsung dengan truk yang mengikut ke dalam kapal transportasi laut,” kata Budiono, Selasa (21/12/2021).

Terkait dengan pelayaran pada masa kondisi cuaca ekstrem dalam sepekan terakhir Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar tidak mengeluarkan larangan playaran, karena kondisi cuaca masih memungkinkan melakukan pelayaran.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar Ahmad Wahid mengatakan, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar.

Apabila informasi dari BMKG setempat menyatakan kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk berlayar, maka pihaknya akan mengeluarkan surat peringatan dan pelarangan untuk berlayar.

Hal itu juga berlaku bagi nelayan pencari ikan di laut, apalagi hanya memiliki kapal di bawah 7 gross ton. Jika cuaca buruk maka sangat rawan untuk melaut.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan (BPS Sulsel) mencatat terdapat kecenderungan kenaikan arus barang dari bulan ke bulan setelah penerapan adaptasi normal baru.

Sebagai gambaran, dari data BPS Sulsel diketahui aktivitas pelayaran dalam negeri pada September 2021 naik 51,81 persen jika dibandingkan dengan Agustus 2010. Kondisi serupa terjadi Oktober dan November 2021.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close