BeritaPolitik

PDIP Minta Pengurus Daerah Merahasiakan Kandidat Capres-Cawapres Pilihannya

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bambang Wuryanto mengemukakan, pengurus daerah sangat merahasiakan terkait siapa yang didukung menjadi calon Presiden (Capres) dan calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu karena menurut Bambang, merujuk pada hasil Kongres V PDIP 2019 lalu sudah mengamanatkan bahwa keputusan Capres dan Cawapres ada di tangan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Jadi daerah-daerah kalau punya keinginan pasti speak-speak pelan-pelan lah. Enggak mungkin kemudian kita, kami dari DPD PDIP misanya Kalbar mengusulkan, ya enggak lah,” ucapnya, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2021).

Wakil Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ini berpesan, agar para fungsionaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP yang mendukung tokoh di Pilpres 2024 mendatang untuk bisa dibawa ke forum internal, Bukan untuk diumbar ke publik.

“Yang kayak begitu pasti akan disampaikan ke forum-forum yang lebih informal,” tandas pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini.

Bambang menguraikan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang digelar Desember 2024 mendatang juga tidak  memutuskan tokoh yang akan diusung PDIP menjadi Capres dan Cawapres.

“Jadi ada evaluasi kepada fraksi dan kemudian fraksi akan memaparkan roadmap-nya sampai kepada Pileg, Pilpresnya. Bahwa, apakah itu nanti akan dibahas soal calon, saya kira itu ibu Ketum (Megawati),” urai Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) IV ini.

Selain itu, Bambang menyampaikan, kewenangan penjajakan koalisi berada di tangan Megawati. Begitu pula dengan syarat apakah PDIP mengambil kursi Capres atau Cawapres jika berkoalisi.

“Soal Capres Cawapres kewenangan Ibu Ketua Umum (Megawati). Termasuk soal koalisi apa enggak kewenangan Ibu Ketua Umum,” imbuhnya.

Namun alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengungkapkan, PDIP adalah partai satu-satunya yang bisa mengusung Capres dan Cawapres di Pilpres 2024 mendatang. Tapi, PDIP perlu berkoalisi untuk bisa meraih kemenangan.

“Yang pasti hari ini PDIP satu-satunya partai yang memegang golden tiket mencalonkan sendiri,” ungkap Bambang.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close