BeritaInternasionalKesehatanNasional

Muncul Varian Omicron, ini Arahan WHO ke Seluruh Negara

BIMATA.ID, Jakarta- Kepala Teknis Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove mengungkapkan, varian baru Covid-19 ditemukan di Afrika Selatan. Varian yang dinamakan Omicron ini pertama kali dilaporkan pada 24 November 2021.

“Belakangan media melaporkan mengenai B.1.1.529. Jadi ini adalah varian baru yang dideteksi dan dilaporkan dari rekan-rekan kami di Afrika Selatan,” ungkapnya dalam tanya jawab WHO di Instagram resminya, Kamis (25/11/2021).

Para ahli mengkhawatirkan munculnya varian ini karena memiliki banyak mutasi. Mutasi ini berpotensi memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi. Selain itu, bukti awal menunjukkan bahwa terdapat peningkatan risiko infeksi ulang pada varian ini.

Saat ini, varian Covid-19 Omicron telah ditetapkan oleh WHO sebagai Variants of Concern (VOC). Penetapan ini didasarkan karena varian ini memiliki perubahan genetik yang diperkirakan dapat mempengaruhi karakteristik virus seperti penularan, keparahan penyakit, dan lain-lain. Selain itu, virus ini telah diidentifikasi menjadi sebab penularan di beberapa klaster.

Dalam laman resminya, WHO memberi arahan kepada pemerintah setiap negara untuk melakukan hal berikut:

  1. Meningkatkan upaya pengawasan dan melakukan upaya untuk lebih memahami varian virus Covid-19 Omicron

2. Melaporkan kasus atau kluster awal yang terkait dengan infeksi VOC ke WHO melalui mekanisme IHR.

3. Mengirimkan urutan genom lengkap dan metadata terkait ke database yang tersedia untuk umum seperti GISAID.

4. Berkoordinasi dengan komunitas internasional terkait penyelidikan lapangan dan penilaian laboratorium untuk meningkatkan pemahaman mengenai dampak VOC, terutama varian Omicron. Pemahaman ini mencakup tingkat keparahan, metode diagnostik, respon imun, dan antibodi.

Beberapa negara telah menutup pintu perjalanan internasionalnya dengan negara-negara yang telah mendeteksi Omicron. Kanada, Inggris, dan beberapa negara anggota Uni Eropa telah menutup pintu untuk kedatangan penerbangan dari negara yang telah mendeteksi adanya varian Omicron.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close