Regional

MUI Puji SE Plt Gubernur terkait Salat Berjemaah dan Baca Al-Quran Bagi ASN

BIMATA.ID, Makassar – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel mengapresiasi Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang menerbitkan surat edaran tentang Gerakan Salat Berjemaah dan Literasi Al-Quran bagi ASN beragama Islam.

Sekretaris Umum MUI Sulsel KH Muammar Bakry mengatakan, kebijakan tersebut adalah upaya menumbuhkan tradisi dan budaya Islami di lingkup Pemprov Sulsel.

Selain itu, kata Muammar, langkah tersebut bisa semakin mendekatkan umat Muslim dengan kitab suci Al-Quran.

“Selama untuk kebaikan dan edaran itu ditujukan khusus untuk umat Muslim, saya kira itu tradisi yang baik. Itu disebut tradisi dan budaya Islami. Meski tidak ada dalam hadist maupun ayat bahwa kalau kita mau memulai pekerjaan mengaji dulu, tapi karena ini sesuatu yang baik. Artinya umat Islam didekatkan dengan kitab sucinya,” ujar Muammar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Andi Arwin Azis mengatakan, edaran yang dikeluarkan Plt Gubernur Sulsel itu memang sudah seharusnya dilakukan. Khususnya bagi para kepala OPD, harus menjadi teladan bagi bawahannya.

Menurutnya, dengan mendekatkan diri dengan Al-Quran serta salat tepat waktu, setidaknya dapat menjadi filter agar tidak berbuat negatif.

“Yang paling penting dari surat edaran gubernur itu adalah bagaimana kepala OPD semuanya menindaklanjutinya dengan memberi teladan. Kami menyambut baik karena memang harus seperti itu. Supaya kita dalam bekerja juga senantiasa diridai Allah SWT,” kata Arwin.

Menurutnya, dengan membudayakan membaca Al-Quran akan mengantarkan kepada kebaikan.

“Kalau mau berbuat salah berpikir, ketika setelah Salat pasti tidak mungkin berbuat macam-macam. Itu kan bisa mengontrol untuk tidak berbuat negatif,” imbuhnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close