Berita

Jelang KTT G20 di Bali Alutsista Pengamanan Mulai Dipersiapkan

BIMATA.ID, Jakarta — Jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang bakal digelar di Bali pada 2022 mendatang, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono menyatakan, kesiapannya dalam mendukung pengamanan dengan menyiapkan sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista).

“Nanti kita akan mendukung kebutuhan KRI, seperti pesawat udara maupun Marinir yang dibutuhkan untuk melakukan pengamanan kegiatan yang dihadiri berbagai kepala negara tersebut,” katanya, Senin (29/11/2021).

Mantan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I itu menjelaskan, pengamanan itu juga nantinya bakal dilakukan sesuai dengan arahan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Menurut dia, selain menyiapkan alutsista dalam pengamanan KTT G20, juga akan dibentuk Satgas Pengamanan Laut untuk menjaga wilayah perairan.

“Tentunya kan akan direncanakan oleh Mabes TNI untuk melaksanakan pengamanannya. Akan dibentuk satuan tugas pengamanan laut,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, saat ini mulai mempersiapkan pengamanan di Bali jelang acara Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20). Ia menyebut, akan merencanakan pembagian personel-personel, sesuai dengan yang diperlukan.

“Tugas kami menjadi penanggung jawab sektor keamanan untuk G20. Jadi secara internal kami ini tadi mulai untuk mengenali tugas venue yang nanti direncanakan menjadi tempat tempat kegiatan para peserta. Itulah kira kira, makanya kita berada di bandara ini,” kata Andika di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. (oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close