BeritaPolitik

Siap Gabung Parpol, Kang Emil: Saya Masih Istikharah

BIMATA.ID, Jabar – Gubernur Provinsi Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menyatakan siap bergabung dengan partai politik (parpol). Rencananya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengumumkan keputusannya pada pertengahan 2022.

“Saya masih istikharah, terus terang kalau lanjut Gubernur juga periode kedua, mungkin posisinya sudah berpartai juga. Partai mana? Mungkin di 2022 akan saya sampaikan. Istikharah mana yang pas dulu,” katanya, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (08/10/2021).

Seperti diketahui, Kang Emil masuk ke bursa Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Jabar melalui jalur non-partai. Kendati begitu, ia mendapatkan sokongan dari sejumlah partai pengusung dan pendukung di dua pesta demokrasi tersebut.

Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, muncul berbagai survei yang menempatkan nama Kang Emil sebagai salah satu kandidat calon Presiden (Capres). Meski begitu, sejumlah pengamat politik beropini jika langkah ia akan berat bila melaju ke 2024 tanpa mengendarai mesin partai.

Ia pun dalam berbagai kesempatan menemui sejumlah Ketua Umum parpol, pertemuan mereka menimbulkan beragam opini publik. Teranyar adalah pertemuan Kang Emil dengan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Zulkifli Hasan di Nusa Dua, Bali.

“Saya kan prinsipnya, dalam politik prinsipnya harus menjaga hubungan baik ke semua pihak. Saya bertemu dengan Pak AHY, Pak Airlangga, hampir semua ketua partai juga pernah silaturahmi. Kemarin PAN mengundang di Bali, minggu depan diundang PPP di Semarang, intinya saya menghormati undangan. Memang tak bisa dihindari ya kalau acara politik, partai politik, selalu ada pertanyaan yang mengarah ke 2024 (Pilpres),” ujar Kang Emil.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close