Regional

PPKM Makassar Turun Level, 29 Ribu Paket Bansos Terancam Batal Disalurkan

BIMATA.ID, Makassar – 29.512 paket bansos Pemkot Makassar terancam batal disalurkan. Regulasi hanya membolehkan penyaluran bansos di daerah yang berstatus PPKM Level 4.

“Jadi memang kita masih kajian terhadap apa masih dibolehkan untuk ada distribusi (bansos). Karena Makassar ini berdasarkan perpanjangan terakhir sudah level 2,” kata Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Rusmayani Madjid.

Rusmayani mengatakan, kajian akan penyaluran bansos tengah dilakukan dengan melibatkan aparat penegak hukum (APH), BPKP, dan Inspektorat.

Prosesnya harus hati-hati, jangan sampai bermasalah di kemudian hari. Jika sudah ada rekomendasi dari kajian tersebut, bansos tahap dua segera disalurkan. Apalagi verifikasi data warga penerima bansos sudah rampung.

“Kalau data sudah. Jadi untuk pembagian tahap dua nantinya tergantung hasil kajiannya karena kita libatkan APH, Inspektorat dan BPKP. Dan ini juga harus atas petunjuk dari pimpinan,” katanya.

Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar Abdul Wahab Tahir menyarankan, anggaran pengadaan bansos dialihkan ke program lain. Jika kemudian memang sulit disalurkan lantaran terbentur aturan.

“Mungkin dirubah bantuannya ke dalam bentuk lain. Bukan lagi bantuan Covid, namanya. Masa’ iya bantuan Covid baru turun levelnya. Itu bantuan bisa diubah, disebut bantuan apakah,” ujar Wahab.

Sebelumnya, Pemkot Makassar menganggarkan Rp13,9 miliar untuk pengadaan 100 ribu paket bansos bagi warga terdampak pandemi di tengah PPKM level 4. Sebanyak 70.488 paket sembako di antaranya sudah rampung disalurkan. Tersisa 29.512 lagi untuk tahap kedua.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close