BeritaEkonomiNasionalPertanian

Upaya Kementan Tingkatkan Produktivitas Hasil Pertanian, Lewat Perbaikan Tata Kelola Pupuk Subsidi

BIMATA.ID, Jabar- Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan), Ali Jamil pemerintah terus berupaya memperbaiki tata kelola pupuk subsidi, pupuk subsidi dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh petani untuk mengembangkan budidaya pertanian sehingga distribusi pupuk seperti yang diinginkan banyak orang bisa dinikmati, yaitu 6 tepat (jenis, jumlah, harga, tempat, waktu dan mutu).

“Tentu harapan kami dan harapan semuanya adalah bagaimana pupuk bersubsidi ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para petani kita di lapangan,” katanya saat kunjungan bersama Panja Pupuk Komisi IV DPR ke pabrik Pupuk Kujang di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (27/08/2021).

Kementan terus melakukan perbaikan tata kelola pupuk subsidi. Sebisa mungkin kendala yang terjadi di lapangan agar tak terulang kembali di kemudian hari dan solusi juga tengah disiapkan.

“Di sana-sini kami melakukan perbaikan-perbaikan terhadap hal ini. Kami berdiskusi dengan rekan-rekan dari Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) terkait dengan kendala-kendala yang kita hadapi di lapangan dan rencana perbaikan tata kelola pupuk bersubsidi ini ke depan yang akan kita lakukan,” ujar Ali.

Ali menjelaskan, perbaikan tata kelola pupuk subsidi pun terus dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait lainnya, yang berkaitan dengan pengawasan. Ia berharap perbaikan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi tercapainya peningkatan produksi pertanian.

“Kami bersama PIHC diundang BPK RI terkait dengan mekanisme perbaikan pupuk bersubsidi. Mudah-mudahan ke depan, terkait dengan perbaikan tata kelola pupuk bersubsidi, bisa kita lakukan sebaik-baiknya untuk mencapai efektivitas pemanfaatan pupuk bersubsidi ini dalam rangka peningkatan produksi pertanian,” harap Ali.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close