BeritaEdukasiEkonomiInovasiRegionalSains & TekUMKM

Pulihkan Ekonomi UMKM, Tokopedia Gencarkan Digitalisasi Pasar Beringharjo

BIMATA.ID, Yogyakarta- Saat ini, Platform jual beli online Tokopedia sedang gencarkan digitalisasi pasar tradisional melalui Program Pasar Digital guna memulihkan sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini telah berlaku di sejumlah pasar tradisional, salah satunya di Pasar Beringharjo, Yogyakarta.

“Program digitalisasi ini merupakan langkah untuk membantu memulihkan ekonomi akibat pandemi.” kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan.

“Ini adalah salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia demi memulihkan ekonomi pelaku usaha kecil sekaligus mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital,” ujar Emmiryzan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (03/08/2021).

Dia menjelaskan, program pasar digital di Beringharjo telah diluncurkan pada tahun 2020, dimana pelaku usaha kecil mulai merasakan dampak dari pandemi.

“Pasar Beringharjo sudah dimulai sejak Juni 2020 lalu hingga saat ini dan telah memfasilitasi puluhan pedagang pasar untuk dapat berjualan melalui pemanfaatan platform Tokopedia,” jelasnya.

Pihak Tokopedia juga berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan RI dan pemerintah daerah untuk memberikan pendampingan dan edukasi kepada pengurus maupun koperasi pasar. Lewat Program ini, Ia berharap dapat meningkatkan daya saing para penjual di pasar tradisional berbagai daerah melalui pemanfaatan teknologi.

“Mudah-mudah program digitalisasi ini dapat bermanfaat dan berkontribusi untuk perekonomian daerah,” harapnya.

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close