BeritaInternasionalNasionalPolitik

Prabowo : Indonesia Bersahabat dengan China dan Amerika

BIMATA.ID, Jakarta – Ketum Gerindra sekaligus Menhan RI, Prabowo Subianto menegaskan sistem politik luar negeri yang dianut Indonesia adalah politik bebas aktif. Sehingga, Indonesia membuka diri untuk bersahabat dengan banyak negara.

“Bidang politik luar negeri, kita diwariskan politik bebas aktif, kita diwariskan politik nonaligned [nonblok]. Jadi saya menganjurkan kita terus dengan politik itu, kita bersahabat dengan semua orang,” kata Prabowo dalam pidatonya saat peringatan HUT Ke-50 CSIS secara virtual, Senin (16/8).

“Saya ingat suatu pelajaran filosofi Tiongkok, sayang saya belajarnya sesudah pensiun. Seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak,” lanjutnya.

Prabowo juga mencontohkan kompetisi antara Amerika dan China yang seolah tiada henti. Menyikapi kompetisi tersebut, dia menyebut posisi Indonesia netral dan tidak berpihak ke satu negara mana pun.

Sebab, Indonesia bersahabat dengan Amerika dan China. Prabowo juga berharap Indonesia dapat menjadi jembatan perdamaian keduanya.

“Apalagi di kancah sekarang ada kompetisi yang seru antara Amerika dan Tiongkok. Indonesia di mana tempatnya? Indonesia bersahabat kepada Amerika, kita bersahabat ke Tiongkok, dan kita berusaha kalau bisa kita jadi, ya, katakanlah jembatan untuk perdamaian,” ucapnya.

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close