BeritaHeadlineNasionalPolitik

Hari Batik Nasional, Novita Wijayanti: Bukan Sekedar Kain Tapi Keunikan Budaya

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Novita Wijayanti, menyampaikan selamat Hari Batik Nasional ke-11 yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Bendahara Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini mengatakan, peringatan itu tidak hanya menjadi seremonial tahunan, melainkan semakin menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan untuk tetap melestarikan warisan budaya Indonesia yang telah mendunia.

“Batik bukan hanya sekedar kain, karena simbol atau corak yang ditampilkan menjelaskan keunikan budaya dari masing-masing daerah,” kata Novita, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/10/2020).

Sebagai pencinta batik, Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) VIII ini memiliki kekaguman tersendiri pada kain bercorak unik tersebut. Bahkan, dalam setiap kegiatan kedewanan, Dia kerap mengenakan beragam batik dari sejumlah daerah di Indonesia.

“Saya lebih banyak mengenakan batik dalam setiap kegiatan kedewanan, seperti menghadiri rapat-rapat di Komisi atau Pimpinan,” imbuh Novita.

Oleh karenanya, Anggota Komisi V DPR RI ini meminta Pemerintah untuk memberikan perhatian kepada perajin dan pengusaha UMKM batik yang terancam gulung tikar, lantaran tidak sanggup bertahan akibat pandemi Covid-19.

“Tentu, perlu perhatian Pemerintah untuk ikut memberikan nafas panjang terhadap keberadaan para perajin batik di situasi pandemi ini,” ujar Novita.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close