Regional

Klaim Efektif, Pemkot Bakal Tambah 15 Titik Pos Swab on The Road

BIMATA.ID, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berencana menambah titik penyekatan Swab on The Road. Saat ini, penyekatan hanya dilakukan di empat titik perbatasan kota.

“Swab ini hanya 4 titik, kita rencanakan 15 titik. Kalau 15 titik itu tidak ada yang lepas, semua terperiksa,” kata Danny panggilan karib Moh Ramdhan Pomanto, Selasa (17/8/2021).

Danny mengatakan, Pemerintah Kota akan menyiapkan sebanyak 300 relawan tenaga kesehatan (Nakes) untuk menyebar di 15 titik melakukan swab nntigen bagi pengendara jalan yang melintas di dalam Kota Makassar.

“Insyaallah hari Kamis selesai ditraining 300 relawan nakes, kalau ditraining cepat ada sertifikat swab kami turunkan semua,” katanya.

Termasuk tempat-tempat yang menimbulkan kerumunan seperti warkop dan acara perkawinan juga tak luput dari pantauan nakes untuk melakukan swab.

“Warkop, tempat kerumunan dan acara perkawinan kalau ada yang melanggar langsung diswab. Itu permintaan warga bukan permintaan kami,” ujarnya.

Pemerintah Kota juga telah menyediakan sebanyak 400 ribu swab antigen untuk melakukan testing pada warga.

“400 ribu antigen, kita beli sendiri, belum kita gunakan. Kita habiskan dulu bantuan-bantuan dari luar. Kemarin saya siapkan untuk anak sekolah 200 ribu, 197 sekian untuk anak sekolah SD dan SMP itu belum terpakai,” terangnya.

Danny mengatakan, dengan adanya penyekatan Swab on The Road ini, tingkat mobilitas kontak erat berkurang sehingga tingkat penyebaran Covid di Makassar mulai menurun.

“Berkurang 20 persen pergerakan itu dihitung dari pusat, bersamaan juga menurunnya jumlah terkonfirmasi karena menurunnya mobilitas kontak erat,” jelasnya.

“Kita bisa membuktikan bahwa setengah orang yang diswab itu dari luar kota, dan setengah orang yang positif itu dari luar kota jadi benar sebelumnya saya sampaikan bahwa kontribusi luar kota atau masyarkat Makassar terhadap Kota Makassar itu tinggi sekali,” tambah Danny

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close