Politik

Rachel Maryam Dorong Kebijakan Untuk Tingkatkan Partisipasi Politik Perempuan

BIMATA.ID, JAKARTA – Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Rachel Maryam Sayidina menyebutkan data Women Political Leaders (WPL) dalam partisipasi perempuan berpolitik hanya mengalami sedikit peningkatan yakni 21,3% tahun 2020 meningkat 21,9% tahun 2021.

Hal itu disampaikan Rachel saat melaksanakan Kunjungan kerja BKSAP dalam rangka sidang virtual Women Political Leaders (WPL) dengan tema membangkitkan komitmen untuk membangun diskusi parlemen politisi perempuan ke daerah Tangerang, Selasa (8/6/21). 

Untuk mewujudkan peningkatan partisipasi politik perempuan Srikandi Gerindra ini berpandangan perlu adanya dukungan kebijakan pemerintah yang berpihak terhadap peran perempuan dalam hal partisipasi ekonomi,akses pendidikan,kesehatan, dan politik. 

“Untuk menjawab kesetaraan gender seperti kesetaraan dalam hal partisipasi ekonomi,akses pendidikan,kesehatan dan politik, maka perlu adanya dukungan kebijakan – kebijakan  pemerintah yang berpihak terhadap kaum perempuan”,terangnya saat mengikuti kunker BKSAP. 

Sementara menurut ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon menyebutkan, keterlibatan perempuan dalam pengambilan keputusan memiliki kontribusi besar terhadap pembangunan ekonomi global, pembangunan sosial, dan stabilitas politik 

Diketahui, BKSAP merupakan badan yang dibentuk oleh DPR dan merupakan alat kelengkapan DPR yang bersifat tetap. Jumlah anggota BKSAP ditetapkan dalam rapat paripurna menurut perimbangan dan pemerataan jumlah anggota tiap-tiap Fraksi pada permulaan masa keanggotaan DPR dan pada permulaan tahun sidang.

Rilis

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close