Berita

Legislator Gerindra Desak Pemerintah Kaji Ulang Kebijakan PPN Sembako

BIMATA.ID, Jakarta — Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumatera Selatan Renny Astuti meminta pemerintah mengkaji ulang rencana kebijakan mengenakan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada sembako.

“Jika nantinya PPN dilekatkan kepada sembako, maka harga sembako jadi semakin melambung. Tentu, rakyat akan semakin sulit memenuhi kebutuhan dasarnya dan semakin menurunkan daya beli masyarakat,” ucapnya, Kamis (10/06/2021).

Hal tersebut akan membuat masyarakat semakin berhemat, sehingga perputaran ekonomi menjadi terhambat.

Srikandi Partai Gerindra itu pun berharap, pengenaan PPN pada sembako ini bisa dialihkan ke bidang lainnya seperti minyak dan gas, di tengah pandemi ini pemerintah harus membuat kebijakan yang tidak menyengsarakan rakyat.

“Saya pikir kebijakan pengenaan PPN ini masih ada bidang-bidang lainnya seperti minyak dan gas masih bisa dikenakan PPN. Janganlah sembako, itu kan kebutuhan dasar rakyat. Bagaimana membantu masyarakat agar tetap bisa memenuhi kebutuhan dasarnya bukan dengan mengeluarkan kebijakan yang semakin menyengsarakan rakyat. Ini bukan saat yang tepat untuk mengeluarkan kebijakan tersebut.” saran Renny.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close