Berita

IDAI Sebut Indonesia Tertinggi di Dunia Angka Kematian Anak Akibat Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut, kematian anak-anak akibat Covid-19 di Indonesia tertinggi di dunia. Ketua Umum IDAI Aman Pulungan menerangkan, tingkat kematian pasien anak di Tanah Air mencapai 3 sampai 5.

“Data IDAI menunjukkan, case fatality rate-nya itu adalah 3-5 persen. Jadi kita ini kematian yang paling banyak di dunia,” tegas Aman, Senin (21/06/2021).

Menurut Aman dari sekian banyak anak yang meninggal akibat Covid-19, 50 persennya adalah balita.

“Jadi dari seluruh yang meninggal pada anak itu, 50 persennya balita. Dan sementara kita lihat di DKI saja 144 itu yang balita,” ucap dia.

Aman juga mengungkapkan, data konfirmasi kasus positif Covid-19 terhadap anak usia 0-18 tahun di Indonesia juga cukup tinggi. Menurut Aman, angkanya mencapai 12,5 persen.

“Artinya 1 dari 8 kasus konfirmasi itu adalah anak,” kata dia.

Untuk itu Aman mengimbau agar seluruh kegiatan yang melibatkan anak usia 0-18 tahun agar dilaksanakan secara daring. Tidak terkecuali kegiatan pendidikan.

“Orang tua atau pengasuh harus mendampingi anaknya saat beraktivitas daring maupun luring. Menghindari membawa anak keluar rumah, kecuali dalam keadaan mendesak,” pungkas Aman.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close