BeritaEkonomiPolitik

Andre Rosiade Fasilitasi Pertemuan 9 Kepala Daerah di Sumbar dengan Menteri KKP

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Andre Rosiade, memfasilitasi pertemuan 9 Kepala Daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Jakarta.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Sumbar I ini menuturkan, pertemuan itu membahas kolaborasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam membangun sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Sumbar.

“Alhamdulillah, hari ini kami bersama 9 Kepala Daerah di Sumbar bisa bertemu dengan Pak Menteri Trenggono. Sumbar memiliki garis pantai yang cukup panjang. Kami ingin ada kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk melakukan pembangunan di Sumbar,” tutur Andre, Selasa (13/04/2021).

Kepada Trenggono, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Sumbar ini menyampaikan, adanya kebutuhan cold storage yang dikelola Pemerintah Daerah.

Sebab, selama ini cold storage yang ada dikelola oleh swasta. Dengan adanya cold storage, pria kelahiran Padang, 7 November 1978 ini berharap, Provinsi Sumbar mampu menjadi daerah pengekspor produk perikanan.

“Aspirasi nelayan kita butuh cold storage yang dikelola Pemerintah. Semoga dengan adanya cold storage ke depan kita bisa ekspor langsung ke luar negeri. Sebab, pertanian sudah bisa, selama ini manggis kita bisa ekspor,” urai Andre.

Sementara, Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono, menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan para Kepala Daerah dalam membangun sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Sumbar. Termasuk mengkaji kemungkinan mendatangkan investor, serta opsi membangun cold storage di Provinsi Sumbar.

“Potensi laut di pesisir Sumbar sangat besar, tinggal bagaimana bisa kita optimalkan. Salah satunya bekerja sama dengan investor. Jika ini terjadi, maka akan ada banyak manfaatnya. Pertama, nelayan bisa naik kelas. Dan kedua, perekonomian sekitar bisa berkembang. Untuk bantuan sarana tangkap dan budidaya ikan, akan kita carikan yang terbaik,” ucap Sakti.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, yakni Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Wali Kota Sawah Lunto, Deri Asta, dan Wakil Bupati Tanahdatar, Richi Aprian.

Lalu Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, dan Bupati Solok, Zul Elfian Umar.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close