BeritaInternasionalKesehatanOlahraga

BWF Minta Maaf ke Tim Bulu Tangkis Indonesia

BIMATA.ID, Birmingham – Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dalam kasus mundurnya tim bulu tangkis Indonesia dari All England 2021 mengaku hanya mengikuti regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah Inggris terkait isolasi mandiri.

Sebelumnya, BWF memaksa tim nasional Merah Putih untuk mundur dari kejuaraan bulu tangkis tersebut setelah diketahui satu pesawat dengan penumpang yang positif Covid-19 pada Sabtu, 13 Maret 2021 lalu.

Keputusan tersebut menuai kecaman dari masyarakat Indonesia karena seluruh kontingen tim bulu tangkis Indonesia telah terlebih dahulu menjalani tes swab dan mendapatkan hasil negative. Ditambah lagi dengan adanya atlet bulu tangkis Turki yaitu, Naslihan Yigit yang tetap bertanding meski berada di dalam pesawat yang sama.

Walau pada akhirnya Yigit mundur dari All England pada babak 16 besar yang berlangsung pada Kamis ini, namun ia sempat bertanding di babak 32 besar pada Rabu, 17 Maret 2021 lalu.

Atas kejadian tersebut, BWF meminta maaf kepada tim Indonesia. Mereka menegaskan, keputusan yang diambil untuk tim Indonesia melakukan isolasi mandiri sepenuhnya berdasarkan ketentuan National Health Service (NHS).

“BWF dan Federasi Bulu Tangkis Inggris berkomitmen untuk mendukung hak-hak individu selama mereka melakukan isolasi mandiri. Kami juga turut merasakan perasaan frustrasi dari pemain dan juga suporter Indonesia di seluruh dunia,” tulis keterangan resmi BWF yang dirilis pada Kamis (18/3) petang.

“Kami amat bersimpati dengan apa yang telah terjadi dan meminta maaf kepada pemain dan rombongan Indonesia atas kesulitan yang telah terjadi, begitu pula kepada Yigit dari Turki. Kami memastikan akan melakukan terbaik yang kami mampu, termasuk menyediakan lingkungan yang aman untuk seluruh peserta,” lanjut pernyataan itu.

BWF menambahkan, pihaknya tidak bisa melakukan tindakan apa pun terkait ketentuan Isolasi mandiri yang sedang dijalankan oleh tim Merah Putih. Karena hal tersebut berada didalam kewenangan NHS.

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close