InternasionalHeadline

Jelang Pelantikan, Kamala Harris Resmi Mengundurkan Diri dari Senat

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Presiden Amerika Serikat terpilih Kamala Harris pada hari Senin secara resmi mengundurkan diri dari Senat, menjelang pelantikannya bersama Joe Biden.

Dikutip dari NDTV, Selasa (19/1/2021) pengunduran diri Kamala Harris menandai karir di kursi senat setelah empat tahun berturut-turut bertugas.

Kamala Harris, seorang Demokrat, secara resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Gubernur California Gavin Newsom.

Dengan ini saya mengundurkan diri sebagai Senator dari Negara Bagian California, berlaku efektif 18 Januari 2021 pukul 12.00 Waktu Standar Timur (EST).

“Saat saya menjalankan tugas saya sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat, saya ingin berterima kasih kepada rakyat California atas kehormatan melayani mereka di Senat AS selama empat tahun terakhir,” kata Harris dikutip dari CNN mengutip surat pengunduran diri.

Kamala Harris mulai berkecimpung di Senat saat memenangkan pada November 2016 dan dilantik pada Januari 2017. Saat itu, Harris menjabat sebagai Jaksa Agung California.

Gubernur California telah menunjuk Alex Padilla, sekretaris negara bagian tersebut, untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Harris.

Kamala Harris telah berbicara dengan Alex Padilla sebelum dia menjabat, menurut seseorang yang mengetahui diskusi tersebut.

Harris membuat sejarah sepanjang karirnya, menjadi wanita kulit hitam pertama di California yang melayani sebagai senator.

Dalam pidato kemenangannya di bulan November, dia mengakui perjuangan keras yang dihadapi wanita untuk menggunakan hak sipil mereka dan masuk ke eselon atas politik Amerika.

“Meskipun saya mungkin wanita pertama di kantor ini, saya tidak akan menjadi yang terakhir,” kata Harris.

“Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini melihat bahwa ini adalah negara penuh kemungkinan.” sambungnya.

Setelah dilantik, Kamala Harris akan memimpin ruang yang sama ketika dia mundur, dan menjadi presiden Senat dengan anggota 100 orang.

Dalam op-Ed di San Francisco Chronicle, Kamala Harris menuliskan, “Jadi, ketika saya meninggalkan Senat Amerika Serikat, ini bukan selamat tinggal. Ini halo,”

“Saat saya mengundurkan diri dari Senat, saya bersiap untuk mengambil sumpah yang akan saya pimpin,” tulisnya.

FID

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close