BeritaHeadlinePolitik

Hari Bahasa Arab Sedunia 2020, Ma’ruf Amin: Bangsa Indonesia Memiliki Ikatan Kuat Dengan Dunia Arab

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin menyebut, Indonesia mempunyai ikatan yang kuat dengan dunia Arab. Hal ini disampaikan dalam perayaan Hari Bahasa Arab Sedunia Tahun 2020, Jumat (18/12/2020).

“Bangsa Indonesia memiliki ikatan yang kuat dengan dunia Arab. Ikatan tersebut beragam jenis dan sifatnya, mulai dari ikatan keagamaan, ikatan kebudayaan, dan juga ikatan ekonomi, baik pada tataran formal maupun informal,” kata Ma’ruf, saat memberikan sambutan dalam perayaan tersebut, Jumat (18/12/2020).

Dia menjelaskan, ikatan itu telah terjalin sejak berabad-abad lampau dan masih berlangsung sampai sekarang. Semua ikatan telah tercatat dalam sejarah, baik sejarah tertulis maupun lisan yang berkembang di masyarakat.

“Oleh sebab itu, perayaan Bahasa Arab Sedunia hari ini merupakan kesempatan yang baik untuk lebih mempererat hubungan antara keduanya, dengan lebih banyak lagi membangun kerja sama di berbagai sektor,” jelas Ma’ruf, dalam peryaan yang dihadiri Duta Besar (Dubes) negara-negara berbahasa Arab.

Kemudian dia berharap, bahasa Arab diajarkan secara luas di banyak lembaga pendidikan Indonesia. Sehingga, kemudian dapat memberikan kontribusi yang lebih besar.

“Baik dalam mempererat tali silaturahim kedua bangsa, Indonesia dan Arab, maupun peningkatan kerja sama yang saling menguntungkan dan membawa kemaslahatan bagi semua pihak,” pungkas Ma’ruf.

Dia menyampaikan, bahasa Arab dalam perkembangan peradaban manusia pernah mendominasi pembahasan politik, sastra, dan ilmu pengetahuan. Jejaknya pun masih terlihat hingga saat ini.

“Jejak peninggalan sejarah tersebut masih dapat dilihat dalam perkembangan bahasa negara-negara dunia muslim, seperti bahasa Indonesia, bahasa Melayu, bahasa Turki, Persia, Urdu, Albania, dan sebagian bahasa di Afrika, serta bahasa Spanyol dan Portugal,” ujar Ma’ruf.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close