Regional

Sempat Terpapar Limbah Zat Radioaktif Perumahan Batan Indah Tangsel Dinyatakan Sudah Bersih

BIMATA.ID, Tangerang — Sempat terpapar zat radioaktif Perumahan Batan Indah yang dihasilkan dari limbah yang dibuang sembarangan dan akhirnya dinyatakan bersih dan terbebas dari radiasi zat radioaktif tersebut. 

“Status clearance, artinya daerah itu sudah bebas dari kandungan radioaktif. Itu sudah di bawah ambang batas yang ditetapkan. Sehingga sudah mulai bisa dipakai oleh warga, baik daerah tamannya maupun haltenya,” tutur Menristek RI Bambang Brodjonegoro, di Pusat Pemerintah Tangerang Selatan, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/10/2020).

Dengan status clearance tersebut, maka kawasan area lahan kosong di Perum Batan Indah dan sekitarnya telah aman dari paparan zat radioaktif. Termasuk, seluruh tanaman, air dan sebagainya telah dibawa ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR).  

“Jadi sudah aman dan waktu itu juga pohon-pohon yang terkena itu sudah ditebang. Sehingga nanti tidak akan ada efek samping kepada warga di sekitar situ,” katanya.

Bambang memastikan, kebocoran limbah radioaktif di lahan kosong Perum Batan Indah itu, bukan akibat kebocoran dari pemanfaatan zat radioaktif, melainkan ulah dari salah satu oknum pegawai nakal. 

“Karena kejadian ini bukan karena kebocoran, tetapi karena perbuatan melawan hukum dari orang. Seharusnya limbah radioaktif itu ada prosedurnya, nantinya dibuang atau ditaruh di pusat limbah itu. Ya tidak boleh dibuang sembarangan. Ini ada yang tidak melakukan sesuai prosedur dan itu harus diatur oleh Polisi. Pokoknya itu tugas polisi lah,” katanya.

ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close