EdukasiRegional

Mahasiswa KKN Unhas Buat Peta Penanganan Covid-19 di Desa Je’netallasa

BIMATA.ID, GOWA – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Hasanuddin (Unhas) Gelombang 104 tahun 2020 dilaksanakan berbeda dari biasanya. Dimana mahasiswa melaksanakan KKN di domisili masing-masing. 

KKN Tematik tersebut mengusung tema “Bersatu Melawan Covid-19” dengan tujuan meningkatkan kepedulian dan partisipasi civitas akademika dalam pencegahan penularan Virus Covid-19 yang telah mewabah 5 bulan terakhir ini di Indonesia.

Berbagai program dilaksanakan untuk penanganan Covid-19. Posko 4 Kabupaten Gowa yang beranggotakan 19 orang mahasiswa dan 1 Dosen Pendamping KKN yang telah melakukan berbagai kegiatan di 7 Desa yang berbeda. Salah satunya di Desa Je’netallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

Program yang telah dilaksanakan di Desa Je’netallasa Pengadaan Data Desa Berbasis Spasial. “Program kerja yang saya ajukan merupakan program kerja jangka panjang, dimana hasil data desa yang berbentuk spasial akan dicetak dalam bentuk peta dan diserahkan ke perangkat desa,” ujar Debby Pebriyani, salah satu peserta KKN Posko 4 Kabupaten Gowa, Sabtu (8/8/2020). 

Mahasiswi Jurusan Ilmu Kelautan angkatan 2017 ini menyampaikan, peta yang dihasilkan memuat fasilitas umum dan khusus di Desa dilengkapi beberapa Posko Penanganan Covid sesuai tema KKN.

Peta yang telah dicetak tersebut kemudian diserahkan kepada Kepala Desa Je’netallasa pada Rabu, 5 Agustus 2020 lalu di Kantor Desa sebagai salah satu fasilitas umum yang banyak dikunjungi oleh warga. 

“Selain data dan peta yang diberikan ke pihak Pemerintah Desa, saya juga memberikan pelatihan singkat untuk pembaharuan data yang diikuti dua orang perangkat desa,” ujar Debby. 

Sementara, Staf Pemerintahan Desa Je’netallasa, Andika Aldila mengapresiasi program pembuatan peta tersebut.  “Adanya pelatihan singkat yang diberikan melalui aplikasi android sangat bermanfaat untuk penambahan titik fasilitas desa yang baru kedepannya,” ujar Andika. 

“Yang saya lihat sejauh ini program kerja dari mahasiswa KKN Unhas dalam meningkatkan kepedulian masyarakat Desa Je’netallasa untuk pencegahan penularan Covid-19 ini sangat intens. Jadi kami sepenuhnya mendukung program yang dilakukan oleh teman-teman KKN Unhas apalagi dengan adanya penyajian data demografi, fasilitas umum dan khusus di desa dalam bentuk data spasial dan peta sangatlah membantu kami selaku pemerintah desa.” Andika menambahkan. 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close