RegionalUmum

Cari Lapangan Pekerjaan Warga Pandeglang Ramai Serbu Kota Besar di Indonesia

BIMATA.ID, Pandeglang- Dari catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang pada bulan Juni 2020 kemarin, ada 2.090 orang para pencari kerja yang membuat kartu kuning atau Kartu AK1

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Pandeglang, Dadun Kohar menyebut, sebagian besar dari pencari kerja itu mengajukan bekerja di sejumlah daerah industri seperti Bekasi dan Tangerang.

“Tren sekarang dari data yang ada memang sedang naik. Di bulan Juni saja mencapai 2.090 orang. Karena, mungkin seiring dengan kelulusan sekolah. Mayoritas orang mencari kerja di luar Pandeglang. Umumnya Tangerang, Serang, Bogor, bahkan sampai ke Bekasi,” kata Dadun, Kamis,(16/7/ 2020).

Dadun menerangkan, tingginya animo pencari kerja itu membuat Disnakertrans kewalahan. Soalnya dalam satu hari pihaknya membatasi layanan membuat kartu kuning tidak lebih dari 50 orang. Namun kenyataannya, jumlah pemohon pembuatan kartu kuning lebih dari yang diatur oleh Disnakertrans.

“Padahal dibatasi untuk satu hari hanya 50 orang saja. Tapi, ternyata yang datang lebih dari itu,” ujarnya.

Menurutnya, tingginya pembuatan kartu kuning itu didasari minimnya lapangan pekerjaan di Kabupaten Pandeglang. Akhirnya, warga Pandeglang memilih untuk merantau ke luar daerah.

“Mereka (pencari Kerja-red) itu mencari perusahaan industri, dikarenakan di Pandeglang sendiri perusahaan industri itu masih minim,” tutupnya.

Editor : Ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close