Regional

Pemutusan Program KB Meningkat di Bantul Selama Pandemi Covid-19

BIMATA.ID, Bantul – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bantul, Sri Nuryanti menyampaikan saat ini tidak ada ledakan angka kehamilan di Kabupaten Bantul.

“Ledakan kehamilan nol meski begitu kalau putus program KB banyak,” kata Nur saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (14/5/2020).

Nur menjelaskan, saat ini tidak ada ledakan angka kehamilan di Bantul, melainkan banyak warga yang melakukan pemutusan program KB. Data warga yang melakukan program KB mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Program KB dengan pil turun 630 angka, dari 1030 pengguna menjadi 400. Metode KB suntik, turun 630 angka dari 1180 menjadi 520. Sementara Nur mengatakan, pengguna IUD sudah menurun sejak awal tahun, pada Januari ada 810 pengguna, saat ini hanya tersisa 155 pengguna.

Sementara untuk data Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) selama dua bulan belakangan tidak dilaksanakan sama sekali. Kebijakan tersebut sudah berjalan sejak 14 Maret lalu, karena adanya wabah covid-19. Sehingga proses KB yang melalui operasi tersebut dihentikan.

“Itukan harus operasi, nah rumah sakit tidak ada yang berani,” imbuhnya.

Meski demikian, Nur mengaku pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan metode KB lainnya untuk menghindari terjadinya ledakan penduduk. Ia menghimbau, agar masyarakat tetap menjaga ketahanan keluarga dan menjaga program KB yang dijalankan.

Data tersebut turut dikuatkan oleh Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Anugrah Wiendyasari. Ia menyebutkan data ibu hamil di Kabupaten Bantul cenderung stabil bahkan turun.

“Kalau datanya cenderung stabil sih, kalau apun lonjakan terlihatnya setelah pandemi. Sedangkan kita sekarang masih pandemi,” kata Anugrah saat ditemui di Dinas Kesehatan.

Anugrah menyampaikan, dilihat dari data awal tahun justru menunjukkan penurunan angka. Pada Januari terdata 1384 ibu hamil, sementara bulan Februari menunjukkan angka 1270 dan terakhir bulan Maret 1158 ibu hamil.

Sementara, selama pandemi ini mobilitas tenaga kesehatan yang terbatas, termasuk pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang juga dibatasi. Sehingga timbul kemungkinan adanya ibu hamil yang tidak tercatat dalam data.

Dampak pandemi, Anugrah menyebutkan adanya ibu hamil yang ketakutan untuk memeriksakan kandungan ke fasilitas kesehatan karena takut terpapar. Untuk itu, ia meminta agar ibu hamil lebih memanfaatkan buku KIA untuk memahami kondisi kesehatan kandungan.

“jika selama ini buku KIA hanya digunakan untuk periksa, sekarang bisa mulai dibaca-baca,” ujarnya.

Sumber : Antara

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close