InternasionalKesehatan

WHO Siap Uji 4 Obat Virus Corona Di 10 Negara, Salah Satunya Klorokuin

BIMATA.ID, Health– Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO akan menguji coba klinis obat virus corona . Ini adalah bagian dari upaya cepat untuk menemukan obat potensial COVID-19, penyakit yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan empat obat yang sebelumnya pernah digunakan untuk penyakit lain akan diuji coba kepada pasien COVID-19 . Sejauh ini, sudah ada 10 negara yang berpartisipasi dalam uji coba, tergabung dalam program ‘solidarity trial’.

Adapun 10 negara yang ikut dalam penelitian klinis tersebut adalah Argentina, Bahrain, Kanada, Prancis, Iran, Norwegia, Afrika Selatan, Spanyol, Swiss, dan Thailand.

Fakta dilakukannya uji coba keempat obat oleh WHO menandakan bahwa apa yang dilakukan China yang sebelumnya juga pernah menggunakan obat untuk pasien COVID-19 tidak menunjukkan banyak bukti tentang apakah keempat obat dapat menyelamatkan pasien dari kondisi kritis atau tidak.

“Banyak uji coba kecil dengan metodologi berbeda mungkin tidak memberi kita bukti kuat dan jelas yang kita butuhkan tentang perawatan untuk membantu menyelamatkan hidup pasien,” ujar Tedros, dalam sebuah pernyataan, dikutip Statnews .

 

Sumber: Kumparan

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close