Info Sains

Richard Trevithick Si Pembuat Lokomotif Uap Yang Pertama Kali

Lokomotif uap adalah jenis lokomotif kereta api yang menghasilkan daya tarik melalui mesin uap. Lokomotif ini dipicu oleh pembakaran bahan yang mudah terbakar yang biasanya batu bara, kayu, atau minyak untuk menghasilkan uap dalam boiler. Steam memindahkan piston bolak-balik yang terhubung secara mekanis ke roda utama (driver) lokomotif. Bahan bakar dan persediaan air dibawa dengan lokomotif, baik pada lokomotif itu sendiri atau dalam gerbong (tender) yang ditarik ke belakang.

Lokomotif uap pertama kali dikembangkan di Inggris pada awal abad ke-19 dan digunakan untuk transportasi kereta api hingga pertengahan abad ke-20. Richard Trevithick membangun lokomotif uap pertama pada 1802. Lokomotif uap pertama yang sukses secara komersial dibangun pada 1812–13 oleh John Blenkinsop, yang Salamanca (lokomotif), yang Locomotion Nomor 1, dibangun oleh George Stephenson dan anaknya Robert ‘s perusahaan Robert Stephenson dan Perusahaan, adalah lokomotif uap pertama yang penumpang jarak pada perkeretaapian umum, para Stockton dan Darlington Railway pada 1825. Pada 1830, George Stephenson membuka kereta api antar kota pertama, Liverpool dan Manchester Railway. Robert Stephenson and Company adalah pembangun lokomotif uap yang unggul untuk kereta api di Inggris, Amerika Serikat, dan sebagian besar Eropa pada dekade-dekade pertama uap.

Richard Trevithick sendiri adalah seorang penemu dan insinyur pertambangan Inggris dari Cornwall, Inggris, Inggris.  Putra seorang kapten pertambangan, dan lahir pada tanggal 13 April 1771 di jantung pertambangan Cornwall, Trevithick tenggelam dalam pertambangan dan rekayasa sejak usia dini. Dia anak bungsu, tapi satu dan satu-satunya anak laki-laki dalam keluarga dengan enam anak.

Dia sangat tinggi untuk era di 6 ft 2 in atau 1,88 meter, serta atletik dan lebih berkonsentrasi pada olahraga daripada tugas sekolah. Dikirim ke sekolah desa di Camborne, dia tidak mengambil banyak manfaat dari pendidikan yang disediakan; salah satu guru sekolahnya menggambarkan dia sebagai “anak yang tidak patuh, lambat, keras kepala, manja, sering absen dan sangat tidak perhatian”. Pengecualiannya adalah aritmatika, yang dia punya bakat, meskipun sampai pada jawaban yang benar dengan cara yang tidak konvensional.

Ia berprestasi buruk di sekolah, tetapi kemudian menjadi perintis awal jalan bertenaga uap dan transportasi kereta api. Kontribusinya yang paling signifikan adalah pengembangan mesin uap tekanan tinggi pertama. Dia juga membangun lokomotif uap kereta api skala penuh pertama yang beroperasi. Perjalanan kereta api yang diangkut dengan lokomotif pertama di dunia terjadi pada 21 Februari 1804, ketika lokomotif uap Trevithick yang tidak bernama mengangkat sebuah kereta di sepanjang jalan trem di Penydarren Ironworks, di Merthyr Tydfil, Wales.

Trevithick pertama kali mulai bekerja pada usia 19 tahun di Tambang Taman Nyasar Timur. Dia antusias dan cepat memperoleh status sebagai konsultan, tidak biasa bagi orang muda seperti itu. Dia populer dengan para penambang karena rasa hormat yang mereka miliki untuk ayahnya.

Mengalihkan minatnya ke luar negeri, Trevithick juga bekerja sebagai konsultan pertambangan di Peru dan kemudian menjelajahi bagian-bagian Kosta Rika. Sepanjang karir profesionalnya, ia mengalami banyak pasang surut, dan pada satu titik menghadapi kehancuran finansial, juga menderita karena persaingan yang kuat dari banyak insinyur pertambangan dan uap saat itu. Selama masa puncak karirnya, ia adalah sosok yang sangat dihormati dan dikenal di bidang pertambangan dan teknik, tetapi menjelang akhir hidupnya ia jatuh dari mata publik.

Sumber : Wikipedia

Editor: A. KS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close