EdukasiInfo SainsInovasi

Buah Durian Bisa Bantu Nge-charge HP? Ini Penjelasannya

Oleh sebagian kalangan (pecinta durian) buah durian dikenal sebagai raja buah-buahan karena aroma dan rasanya yang nikmat, namun oleh sebagian kalangan lagi  berpendapat durian membuat mual karena aromanya yang sangat menyengat. 

Pandangan mengenai buah durian ternyata tidak cukup sampai disitu, para ilmuwan justru menemukan potensi baru dari buah durian yang bisa dipakai sebagai sumber energi fast charging perangkat elektronik, mulai dari smartphone hingga mungkin saja mobil listrik (Dikutip dari Ubergizmo).

Profesor Vincent G. Gomes dari University of Sydney mengatakan, durian dapat menghasilkan energi superkapasitor seperti baterai.

“Struktur presisi dari biomassa alami dengan pori-pori hierarkinya yang berkembang selama jutaan tahun evolusi biologis, memberikan sumber daya luar biasa sebagai template untuk sintesis bahan berbasis karbon,” ujarnya.

“Sifat-sifatnya yang terintegrasi dari area permukaan tinggi, konduktivitas, dan keaktifan antarmuka dapat memfasilitasi reaksi elektrokimia, difusi ionik, dan densitas pembawa muatan tinggi,” lanjutnya.

Sejauh ini, superkapasitor yang tersedia di pasaran terbilang masih mahal. Hal inilah yang membuat para peneliti melakukan berbagai percobaan bahan organik untuk menghemat biaya pembuatan superkapasitor.

Dan buah durian, menjadi salah satu material yang diprospek sebagai sumber energi tersebut. Jika penelitian ini dikembangkan lebih lanjut dan berhasil, maka di masa depan kita akan melihat durian sebagai salah satu pemasok kebutuhan daya bermacam benda elektronik.

 

Dikutip dari berbagai sumber
Editor : ws

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close