EnergiInfo SainsInovasi

Sumber Energi Alternatif Baru yang Ramah Lingkungan

JAKARTA- Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal mengatakan, saat ini salah satu perguruan tinggi di  Indonesia sedang mulai mengkaji dan menggandeng pakar dari Jepang untuk mengupas salah satu sumber energi terbarukan yaitu mikro hidro. 

Tidak tanggung-tanggung, Institut Teknologi Sumatera menghadirkan ahli dalam bidang tersebut yakni Wakil Direktur Pengembangan Produk dari perusahaan Nakayama Iron Works di Jepang, Dr. Watanabe Yoshinobu.

Direktur Itera International Office, Acep Purqon Ph.D. Menyebutkan bahwa energi ini nantinya akan sangat penting di Indonesia yang memiliki banyak sumber air seperti sungai.

“Sehingga ada berbagai pilihan energi terbarukan, namun mengingat Indonesia memiliki banyak sumber energi air seperti sungai, maka mikro hidro adalah salah satu yang solutif atas permasalahan seperti sumber energi di Sumatera,” ujarnya, Rabu (19/2).

Dr. Watanabe Yoshinobu menjelaskan bahwa pada intinya mikro hidro menggunakan sistem seperti kincir air, Namun tenaga yang dihasilkan 2000 lebih besar dari kincir air.

“Mikro hidro jauh lebih efisien, dengan sedikit air yang masuk energi yang dihasilkan dapat lebih banyak. Perbandingannya, satu mikro hidro dapat mengcover kebutuhan seribu kepala keluarga,”jelasnya.

Sumber: Radarlampung.co.id
Editor: Z.B.Permadi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close