Bola

Bersiaplah! VAR Akan Menjadi Asisten Pembantu Wasit Dalam Liga 1 Indonesia

PSSI sedang menyusun rencana kerja dalam penggunaan teknologi Video Assist Referee (VAR) pada Liga 1 di musim 2021 mendatang. Dalam prosesnya, PSSI akan melewati 6 tahapan besar, sebelum akhirnya teknologi VAR resmi digunakan pada Liga 1.

“Persiapan akan dimulai dari training SDM, penerapan teknologi, survei stadion sampai time plan menuju 2021” ungkap Ratu Tisha Destria, Sekretaris Jenderal PSSI

Tambahnya, dalam tahapan implementasi VAR, PSSI akan melewati enam tahapan besar, yakni perencanaan, persiapan, offline, line (non competition), persetujuan dan live competition.

Di sisi lain, Dirk Schlemmer, Head of Football Service IFAB, menjelaskan ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam implementasi VAR. Communication, VAR Development, Technology Consideration dan Preparation, Project Management, Finance, Monitoring dan Legal.

“Edukasi harus terpenuhi dengan baik dalam rangka mendapatkan approval dari IFAB/FIFA dalam pengimplementasian VAR” tegasnya.

Sebagai informasi, VAR digunakan saat wasit merasa ada kejanggalan dalam pengambilan keputusan. Wasit kemudian berkomunikasi melalui sistem cek ke VAR. Setelah itu baru ditampilkan tayangan ulang VAR. Bukan permintaan pemain atau tim, tapi langsung keputusan wast.

 

Editor: IBN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close