Berita

BMKG Makassar Minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

BIMATA.ID, Makassar – Kepala Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar Irwan Slamet mengatakan, mengeluarkan peringatan dini akan potensi terjadinya cuaca buruk di wilayah Sulawesi Selatan, 20-23 Februari 2022.

Hal tersebut berdasarkan hasil analisis BMKG, prospek kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulsel.

“Himbauan kepada masyarakat dan pengguna layanan transportasi darat/laut/udara agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi pada tanggal 20-23 Februari 2022,” katanya, Senin (21/02/2022).

Pihaknya juga menjelaskan, dampak dari tingginya curah hujan adalah potensi banjir atau genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran, dan meluapnya tambak budidaya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BPBD Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, menetapkan status siaga banjir menyusul hujan lebat dan angin kencang yang terjadi sepanjang hari, Minggu (20/02/).

Hal ini merupakan bentuk antisipasi terjadi banjir yang kerap terjadi saat hujan lebat terus terjadi, Pasalnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan cuaca dini untuk Sulawesi Selatan.

“Sejak dari informasi diteruskan dari BMKG ke kami, status kita siaga,” jelasnya.(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close