BeritaNasionalPolitik

Situs Palsu Gerindra, BSSN Bergerak Mengusut Pelaku

BIMATA.ID, Jakarta – Gerindra menyoroti situs yang mencatut nama partai dan mempublikasikan artikel mengenai akun Kaskus ‘Fufufafa’ yang dianggap milik wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming. PKB meminta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menyelidiki pembuat situs tersebut.

“Itu tugas BSSN untuk menelusuri dan memastikan, dan siapa pun yang merasa dirugikan bisa melaporkan ke pihak berwajib sebagai kejahatan siber,” kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Jumat 13 September 2024.

Daniel mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang masih sulit membedakan mana yang hoaks dan mana yang asli. Hal itu katanya, dikarenakan literasi digital di Indonesia masih kurang mumpuni.

Lihat Juga: Profil Sugiono, Politisi Gerindra Yang Digadang Gadang Jadi Menlu Kabinet Prabowo

“Selain zaman digital saat ini tidak mudah bagi masyarakat umum untuk menilai apakah ini kebenaran atau tidak, sehingga pendidikan literasi digital dan klarifikasi mana benar mana hoaks menjadi penting,” katanya.

Sebelumnya, Gerindra menyoroti situs yang mencatut nama partai dan mempublikasikan artikel mengenai akun Kaskus ‘Fufufafa’ yang dianggap milik wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming. Waketum Gerindra Habiburokhman menilai ada pihak yang hendak mengadu domba presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Gibran.

Dilihat detikcom, Jumat 13 September 2024, alamat situs yang mencatut Gerindra itu adalah gerindra.org. Diketahui, situs resmi Gerindra ialah gerindra.id.

Di halaman depan situs tersebut, terdapat logo Gerindra dan tulisan ‘Gerakan Indonesia Raya’ di bagian atas kiri. Terdapat tampilan sejumlah potongan artikel mengenai Prabowo Subianto di bagian sebelah kanan.

“Saya melihat ada upaya serius mengadu domba dan memprovokasi para pimpinan kita dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara bikin situs dan akun abal-abal itu,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat 13 September 2024.

Simak Juga: Dasco Tegaskan Fufufafa Bukan Milik Gerindra: Kami Sudah Lapor Kominfo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close