BeritaPolitikRegional

Hadapi Pilkada Babel, Demokrat Beri Sinyal Berkoalisi Dengan Gerindra

BIMATA.ID, Babel – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat memberi sinyal akan berkoalisi dengan Gerindra untuk menghadapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Sebuah surat tugas dari DPP Demokrat telah diberikan pada Ketua DPD Gerindra Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

Ketua DPD Demokrat Bangka Belitung, Rudi Kadarisman mengatakan, dalam hal ini Erzaldi sekaligus sebagai bakal calon gubernur incumbent.

“Benar, sudah ada surat tugas dari DPP Demokrat untuk Erzaldi Rosman,” kata Rudi, Senin (10/06/2024).

Baca Juga : DPR RI Harap Prabowo Suarakan Palestina di forum internasional

Dia menuturkan, surat tugas diberikan pada calon yang dianggap serius dan telah mendaftar di Partai Demokrat.

Surat tugas pun bisa diberikan pada lebih dari satu kandidat, namun sampai kini, baru satu orang yakni Erzaldi Rosman yang menerima surat tugas tersebut.

“Surat itu menugaskan calon untuk membangun koalisi dan mencari pasangan wakil. Salah satunya nanti melalui survei,” ujarnya.

Menurutnya, setelah surat tugas dilaksanakan, barulah Demokrat menerbitkan rekomendasi pencalonan yang akan berlanjut pada pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kalau saat ini baru ada dua, Demokrat dan Gerindra. Kalau perlu satu lagi untuk koalisi silakan saja, calon yang menerima surat tugas yang berkomunikasi,” tuturnya.

Dia juga memastikan, tidak ada kriteria khusus dalam menentukan calon wakil Erzaldi Rosman.

Mekanisme diserahkan pada kesepakatan koalisi dan hasil survei.

“Mungkin ada peluang koalisi dengan Partai Bulan Bintang dengan calon wakil dari Belitung Timur Yuri Kemal, tapi secara resmi belum ada,” bebernya.

“Kalau hitungannya ditambah PBB memang sudah cukup (untuk pencalonan), tapi resminya belum,” tambahya.

Simak Juga : Relawan Prabowo Siap Menangkan AIA di Pilgub Sulsel 2024

Diberitakan, Wakil Ketua DPD Gerindra Bangka Belitung, M Irham, membenarkan adanya rencana koalisi dan surat tugas dari Demokrat.

“Sudah terjalin, baik di level DPD provinsi maupun DPP partai Demokrat,” ujar Irham. Sebagaimana diketahui, koalisi Gerindra, Demokrat, dan PBB akan mengumpulkan 11 kursi DPRD Bangka Belitung hasil Pemilu 2024.

Rinciannya, Gerindra tujuh kursi, Demokrat tiga kursi, dan PBB satu kursi, jumlah 11 kursi telah melewati syarat minimal pencalonan yakni 9 kursi atau 20 persen dari 45 kursi DPRD Bangka Belitung.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close