Nasional

Novita Wijayanti: Isra Miraj Momentum Perkuat Ketakwaan dan Harmoni Antarumat Beragama

BIMATA.ID, Jakarta – Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW memiliki makna mendalam bagi umat Islam dan juga dapat memberikan pesan universal kepada pemeluk agama lainnya.

Sebab, peristiwa ini menawarkan pesan-pesan universal tentang ketakwaan, harmoni, dan penghargaan terhadap perbedaan.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI dari Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah, Novita Wijayanti pada peringatan Isra Miraj, di Jakarta, Kamis (8/2/2024).

Novita mengatakan, makna peringatan perjalanan Nabi Muhammad dari Mekah ke Baitul Maqdis dan pengangkatannya ke langit, bukan sekadar soal mengajarkan pentingnya ketakwaan dan kedekatan dengan Tuhan.

Melainkan juga, kata Novita menyampaikan tentang toleransi dan keanekaragaman antar umat beragama.

“Sebagai negara dengan beragam agama dan budaya, Indonesia dapat mengambil pesan toleransi dari Isra Miraj. Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan melintasi langit-langit Allah SWT, menunjukkan bahwa keragaman dan perbedaan adalah bagian dari ciptaan Tuhan yang harus dihargai dan dihormati,” kata Novita.

Tak hanya itu, Novita juga meyakini bahwa Isra Miraj memiliki pesan mendalam mengenai kewajiban dan tanggung jawab, salah satunya kewajiban mengerjakan salat lima waktu.

“Nabi menerima perintah salat lima waktu selama peristiwa Isra Miraj, mengajarkan umat Islam tentang tanggung jawab dan kewajiban agama,” ucap politikus dari Fraksi Partai Gerindra ini.

“Dan pesan ini dapat meresap ke dalam semua agama untuk mengingatkan pentingnya menjalankan kewajiban agama dengan sungguh-sungguh,” tambah Novita.

Oleh karena itu, Novita berharap peringatan Isra Miraj di tahun ini menjadi momentum untuk terus merajut dan menjaga keberagaman antar umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ini adalah panggilan untuk merajut tali persaudaraan yang kuat dan membangun masyarakat yang damai dan inklusif bagi semua,” pungkasnya.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close