Politik

Gibran Sorot Catatan Cak Imin Saat Debat: Enak Ya Gus Baca Catatan

BIMATA.ID, Jakarta — Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyorot catatan yang dibawa Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ketika menjawab pertanyaan debat.

Momen itu terjadi ketika Muhaimin ditanya perihal strategi untuk menghadapi perubahan iklim dalam meningkatkan kualitas pangan akan seperti apa dalam Debat Cawapres Keempat yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1/2024).

Gibran menjawab pertanyaan itu dengan lugas, dengan beberapa strategi seperti ekstensifikasi dan intensifikasi lahan seperti yang telah dilakukan di daerah Fakfak dengan membangun pabrik pupuk.

“Enak banget ya Gus ya jawabnya sambil baca catatan tadi. Kuncinya adalah ekstensifikasi dan intensifikasi lahan, kemarin tahun lalu kita sudah bangun pabrik pupuk di Fakfak kuncinya untuk meningkatkan produktivitas,” kata Gibran.

Gibran juga menekankan guna meningkatkan produktivitas pangan dengan menggenjot kawasan industri pupuk pada lahan-lahan pertaniannya.

“Meningkatkan produktivitas ya kita harus genjot kawasan industri pupuk, kita dekatkan pupuknya dengan lahan-lahan pertaniannya,” tambahnya.

Selain itu juga melalui mekanisme produktivitas para petani yakni dengan smart farming dan melibatkan anak muda.

“Dan, jangan lupa mekanisasi kita ingin meningkatkan produktivitas para petani, pakai RMU, combain harvester dan juga kita libatkan generasi muda melalui smart farming, pakai IOT untuk melihat Ph tanah, keasaman tanah, kesuburan tanah, dan menggunakan drone untuk penyemprotan pestisida,” jelas Gibran.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close