Politik

Gibran Sebut Cak Imin Aneh, Mau Bangun 40 Kota Setara Jakarta tapi Tolak IKN

BIMATA.ID, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan pernyataan calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang mengatakan akan membuat 40 kota setara Jakarta, namun menolak pembangunan IKN saat menjawab sub tema mengenai perkotaan.

“Gus Muhaimin ini rada aneh ya, ingin bangun kota se-level Jakarta tapi gak setuju dengan IKN,” jawab Gibran saat debat cawapres yang digelar di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Gibran lalu menjelaskan soal masalah yang mungkin terjadi di perkotaan seperti transportasi publik, sampah, dan kawasan kumuh yang akan dihadapi masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan pada tahun 2045, diperkirakan mencapai 70 persen.

“Yang jelas untuk masalah perkotaan kita harus menggarap transportasi umumnya. Kita pastikan transportasi umum ini aman, nyaman terutama bagi kaum disabilitas, lansia, dan anak-anak. Lalu kita pastikan transportasi ini kita pastikan digitalisasinya,” jelas Gibran.

Debat perdana cawapres ini mengusung tema ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close